Kamis, 07 April 2016

Tugas Analisis ITSM

ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistemteknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). ITSM umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebutoperations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya.   Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

Proses dan fungsi
Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

System Life Cycle (SLC)
Pada ITSM terdapat System Life Cycle, System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Ini biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang besar.
System Life Cycle (SLC) terdiri dari lima fase yaitu:
1.       Fase Perencanaan
2.       Fase Analisis
3.       Fase desain
4.       Fase Pelaksanaan/Implementasi
5.       Fase Pemakain/Penggunaan

Berdasarkan penjelasan diatas, jadi ITSM itu tentang :
·         Customers(Pelanggan)
·         Services(Pelayanan)
·         Quality(Kualitas)
·         Cost(Biaya)
·         Meeting Bussines Needs(Kebutuhan Bisnis)

REFERENSI :

1 komentar:

  1. Poker Rooms at Wynn & Encore - JamBase
    Join our Poker Room today with exclusive access 의정부 출장마사지 to 부산광역 출장안마 Poker Room offers, tournaments, 춘천 출장마사지 VIP 안동 출장마사지 packages and the hottest poker tournaments. Start your day 익산 출장안마

    BalasHapus