ITSM (Information Technology Service Management,
Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan
sistemteknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari
pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.
ITSM berfokus
pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka
kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business
Process Management, dan CMMI). ITSM umumnya menangani masalah operasional
manajemen teknologi informasi (kadang disebutoperations architecture,
arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri.
Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah
fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian
pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang
merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi,
seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI
yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Proses dan fungsi
Proses manajemen
adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral,
yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan,
proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam
rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
Fungsi manajemen
adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses
manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan
untuk mencapai tujuan.
System Life Cycle (SLC)
Pada ITSM
terdapat System Life Cycle, System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang
diikuti oleh pelaksanaan sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Ini
biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang besar.
System Life
Cycle (SLC) terdiri dari lima fase yaitu:
1.
Fase Perencanaan
2.
Fase Analisis
3.
Fase desain
4.
Fase Pelaksanaan/Implementasi
5.
Fase Pemakain/Penggunaan
Berdasarkan
penjelasan diatas, jadi ITSM itu tentang :
·
Customers(Pelanggan)
·
Services(Pelayanan)
·
Quality(Kualitas)
·
Cost(Biaya)
·
Meeting Bussines Needs(Kebutuhan Bisnis)
REFERENSI :
http://alwanfadhlurrohman.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-service-management-service.html
https://id.wikipedia.org/wiki/PDCA
https://id.wikipedia.org/wiki/PDCA
Poker Rooms at Wynn & Encore - JamBase
BalasHapusJoin our Poker Room today with exclusive access 의정부 출장마사지 to 부산광역 출장안마 Poker Room offers, tournaments, 춘천 출장마사지 VIP 안동 출장마사지 packages and the hottest poker tournaments. Start your day 익산 출장안마